Profil

Anggota DPR-RI 2009-2014 Fraksi PDI Perjuangan

Arif Budimanta, DR., Ir., MSc.

Profil Umum:

Medan
Jumat, 15 Maret 1968
Laki-laki
Islam
Jakarta
DKI Jakarta - ID
http://www.budimanta.com

Tulisan/Jurnal Ilmiah:

Biografi:

Sarjana Ilmu Tanah dari IPB. Kemudian melanjutkan Program Pasca Sarjana di Ilmu Lingkungan UI dengan konsentrasi Ekonomi Sumber Daya Alam, terakhir meraih gelar Doktor dari FISIP UI.

Aktif dalam pengembangan gagasan pendekatan pembangunan yang holistik dan integratif yang memberikan nilai-nilai keadilan sosial dan kemandirian bagi umat manusia, anggota Global Development Network.

Beberapa tulisan yang diterbitkan berkaitan dengan minatnya adalah “Indonesia Masa Kini dan Masa Depan” dalam Membangun Kemandirian Indonesia (1994), “Community Development di Industri Pertambangan dalam Akses Peran Serta Masyarakat, Penerbit Sinar Harapan (2003), Pedoman Pengembangan Masyarakat di Industri dan Sumber Daya Mineral (2004), Corporate Social Responsibility: Jawaban bagi Model Pembangunan di Indonesia Masa Kini (2004).

Selain sebagai pendiri Indonesian Center for Sustainable Development dan aktif menjadi pengajar di beberapa perguruan tinggi, saat ini menjabat sebagai anggota DPR-RI 2009-2014 Fraksi PDI Perjuangan, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR-RI, Direktur Eksekutif the Megawati Institute, Dewan Penasehat PP Ikatan Anggar Seluruh Indonesia, dan Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).