Berita

Arif Budimanta: Demokrasi Ekonomi Instrumen Kemajuan Bangsa

Sabtu, 16 Juni 2012 21:18
Arif Budimanta

Budimanta.com - Wakil Ketua Fraksi PDIP MPR RI Arif Budimanta mengatakan bahwa demokrasi ekonomi tidak hanya berfungsi sebagai sebuah ‘alat’ untuk memajukan bangsa, tapi juga memajukan peradaban dan kemanusiaan. Sebab, demokrasi ekonomi yang diterapkan di Indonesia adalah demokrasi ekonomi yang berbasis kepada Pancasila yang berketuhanan dan beretika dan memiliki rasa keadilan sosial.

“Pemerataan perekonomian adalah tujuannya. Pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara mewujudkannya. Caranya adalah, jangan memusatkan pembangunan ekonomi hanya di satu tempat saja. Harus ada penyebaran dan pemerataan pembangunan ekonomi. Dan jangan lupa pendapatan pajak negara juga salah satu instrument pemerataan pembangunan perekonomian. Jadi jangan lupa bayar pajak tapi awasi juga penggunannnya,” ujarnya, saat taping program acara dialog 4 pilar ‘Warung 4 Pilar’ dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar, dengan tema sentral ‘Politik Ekonomi Dalam Rangka Demokrasi Ekonomi’ di LPP TVRI, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/6).

Di sinilah, lanjut Arif, fungsi pemerintah sangat diperlukan. Untuk terwujudnya pemerataan perekonomian, harus ada aturan yang jelas, tegas dan konsisten searah dan sejalan dengan konstitusi. DPR, menurut Arif, sangat mendorong segala kebijakan-kebijakan pemerintah yang mengarah kepada pemerataan perekonomian.

“Sebenarnya pemerintah tidak perlu pusing-pusing, sudah jelas UUD kita pada pasal 33 ayat 1 mengatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Kita bangsa Indonesia adalah sebuah keluarga besar yang tinggal di satu rumah bernama Indonesia, seharusnya kekayaan alam yang ada di ‘rumah kita’ terutama yang sifatnya mendasar, diproduksi, didistribusikan dan dikonsumsi oleh dan untuk rakyat kita sendiri, intinya kita mandiri. Mudah-mudahan ini bisa menjadi renungan,” paparnya.

TANGGAPAN

Belum ada tanggapan sampai saat ini.

Silahkan melakukan login terlebih dahulu sebelum Anda bisa memberikan tanggapan. Jika belum menjadi anggota, silahkan untuk mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. GRATIS!