Kegiatan

Babak Baru Kampanye Bersepeda

Kamis, 09 Oktober 2008 12:04
Arif Budimanta Melepas Rombongan Bikers

Budimanta.com - Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Lawalata Institut Pertanian Bogor (IPB), pada lusa kemarin, 10 Oktober 2008 memberangkatkan anggotanya untuk melakukan kegiatan “Rinjani Mountain Bike Tour (RMBT) 2008”. Kegiatan bersepeda gunung dengan tujuan akhir puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang hanya beranggotakan tiga orang anak Lawalata IPB. Puncak gunung Rinjanimemiliki ketinggian 3726 m di atas permukaanlaut dan merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia yang ke tiga, setelah Carstensz Pyramid dan Gunung Kerinci.

Seremonial kegiatan ini dilakukan dengan melakukan upacara pelepasan secara simbolis di depan gedung rektorat IPB, Darmaga Bogor. Tim dilepas oleh Wakil Rektor III IPB Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. H. Yonny Kusmaryono, MS. Dalam upacara ini beliau menyampaikan amanat ke tim RMBT untuk tanpa lelah dan tanpa henti mengkampanyekan sepeda sebagai alat transportasi murah dan ramah lingkungan. Sudah menjadi tugas anggota Mapala tidak hanya Lawalata IPB untuk turut selalu mengkampanyekan kegiatan pelestarian lingkungan dalam bentuk kegiatan sekecil apapun melalui cara mereduksi aktivitas yang memicu dan mengakibatkan degradasi lingkungan. sebelum upacara pelepasan tim mengadakan jumpa pers untuk menjelaskan semua bentuk penyelenggaaran dan teknis kegiatan ini.

Tim RMBT mengambil rute jalur Deandles, Anyer-Panarukan, namun dalam kegiatan ini berhubung posisi IPB berada di Bogor, titik start adalah Bogor bukannya Anyer. Adapun target yang ingin dicapai tim untuk pencapaian puncak gunung Rinjani pada tanggal 28 Oktober 2008 yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

“Kegiatan ini tidak hanya kampanye bersepeda dan petualangan, tetapi mengandung “value”, substansi nasionalisme yang diwujudkan dengan pencapaian di titik tertinggi puncak Rinjani pada hari sumpah pemuda dengan menggunakan sepeda. Oleh karena itu kegiatan ini syarat dengan nilai nasionalisme”, kata Embang Permana, selaku ketua tim RMBT. Tingginya polusi udara di Indonesia sudah mejadi tanggung jawab warga Negara Indonesia untuk terus berupaya mengurangi melalui aktivitas yang ramah lingkungan. Sementara itu anggota tim teknis, Epi Saepimenimpali bahwa RMBT menunjukkan indikasi bahwa pemuda Indonesia sehat, kuat dan tangguh dengan medan dan kondisi apapun serta bukannya pemuda yang cengeng dan manja. Bentuk kampanye bersepeda dilakukan oleh tim ini dengan cara membagikan sticker sepanjang jalur yang dilaluinya.

Adapun misi yang diemban tim RMBT dalam rangka kampanye transporatasi ramah lingkungan dengan mengusung isu: back to basicycle to reduce pollution for better environment. Isu bersepeda yang sebelumnya diusung komunitas organisasi ”Bike to Work” diharapkan akan menjadi semakin menggema dengan adanya kegiatan serupa yang memperkenalkan aktivitas bersepeda. Bersepeda tidak hanya menjaga kebugaran dan kesehatan tetapi memiliki nilai kemanfaatan (high utility values) untuk ikut meredam polusi udara yang semakin hari semakin meningkat yang mengakibatkan fenomena global warming.

Dalam kaitannya dengan kegiatan ini Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) sebagai lembaga nirlaba yang mengupayakan sinergi multi pihak demi terwujudnya pembangunan berkelanjutan mendukung kegiatan yang sedang diusung oleh Lawalata IPB. “Keberlanjutan ekologi, ekonomi dan sosial yang menjadi core (inti) dari pembangunan berkelanjutan seyogyanya harus diejawantahkan dan diimplementasikan dalam bentuk prilaku dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya sustainable development. Dalam situasi di bawah ancaman global warming dan krisis energi seperti sekarang ini anak Lawalata IPB mencoba menginterpretasikan dan memaknai konsep tersebut dengan mengadakan kegiatan kampanye bersepeda yang dibungkus dengankegiatan petualangan”, kata Dr. Arif Budimanta, Direktur Eksekutif ICSD.

TANGGAPAN

Belum ada tanggapan sampai saat ini.

Silahkan melakukan login terlebih dahulu sebelum Anda bisa memberikan tanggapan. Jika belum menjadi anggota, silahkan untuk mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. GRATIS!